Ketahuilah Jenis Velg yang Paling Sesuai dengan Mobil Anda
velg mobil
velg mobil

Jenis velg apa yang cocok dengan mobil Anda? Ketika Anda hendak mengubah velg mobil, Anda jangan asal saja memilih. Desain velg yang bagus memang sangat unik hati siapapun peminat automotif, tetapi bila ternyata velg itu tidak cocok dengan mobil kita malah melulu akan menciptakan ketidaknyamanan saat Anda berkendara nantinya.

Jangan melulu tergoda pada desain dan harga yang menarik, namun lihatlah kecocokkannya dengan kendaraan roda empat Anda. Kesalahan dalam pemilihan velg nantinya dapat berdampak fatal untuk Anda sendiri maupun pengendara lainnya, laksana pecah ban dan bisa berlanjut pada kecelakaan. Pabrik mobil sebetulnya telah mempertimbangkan dengan matang masing-masing detail produk mereka, tergolong velg. Para mekanik melulu akan memasang velg standar atau velg alloy yang sudah disesuaikan dengan kenyamanan untuk para konsumennya. Namun untuk sebagian orang, velg yang telah terpasang tidak cocok dengan selera mereka, sampai-sampai mereka hendak menggantinya dengan velg baru. Hal ini boleh saja dilakukan, namun ada sejumlah langkah yang mesti diketahui supaya mendapatkan mobil yang stylish sekaligus nyaman guna berkendara.

Ukuran PCD (Pitch Centre Diameter) Poin kesatu ialah mengetahui ukuran PCD, jarak antara lubang baut, velg standar mobil Anda. Langkah itu untuk mengepaskan dengan velg baru yang bakal Anda beli.

Ukuran Offset Velg Setelah menjalankan poin kesatu, lanjutkan dengan menyimak ukuran offset velg atau ketebalan lubang tengah velg yang akan memprovokasi penempatan baut velg. Hal ini tidak bisa disepelekan karena bila ketebalannya tidak sama, maka akan dominan pada kekencangan baut velg yang baru.

Ketebalan Velg dan Ban Sesuaikan ketebalan velg dengan ketebalan ban Anda. Hal ini diperlukan supaya ban tidak membentur bodi mobil Anda.

Penambahan Lebar Ban Langkah berikutnya ialah memperhitungkan peningkatan lebar pada ban. Ukuran ban yang tidak sesuai, contohnya terlalu menonjol terbit dan lebar, justeru akan meminimalisir penampilan kendaraan dan menyerahkan efek tidak cukup nyaman untuk kendaraan lainnya. Untuk tersebut disarankan supaya memodifikasi ketebalan ban dan velg nya saja.

Ukuran ring Dibutuhkan ukuran ring velg yang cocok dengan keperluan Anda. Ukuran velg yang terlampau besar akan mengolah komponen kaki mobil. Bagi mobil berukuran kecil, Anda melulu memerlukan velg dengan maksimal diameter 17 inci, mobil ukuran medium membutuhkan maksimal diameter 18, sementara untuk saloon dibutuhkan maksimal diameter 20 inci.

Bahan Velg Material yang tepat guna velg ialah velg yang berbahan logam ringan. Bahan yang dapat Anda pilih ialah magnesium dan billet steel. Keduanya dapat mengurangi beban mobil, namun tetap mempunyai daya tahan yang mumpuni. kita usahakan menghindari velg berbahan dasar material dengan proses kiat cor (cetakan), sebab lebih mudah retak dan pecah.

Desain Velg Setelah kita selesai memperhitungkan seluruh poin sebelumnya, barulah Anda bisa memilih desain velg cocok selera. kita memiliki sejumlah variasi jenis velg, di antaranya: off road, touring, dan elegance yang telah dibuat khusus guna masing-masing pekerjaan dan medan jalan.

Velg dan ban ialah ibarat mur dan baut yang dibuat berpasangan. Jadi andai Anda mengharapkan velg yang cocok untuk mobil favorit Anda, maka berpeganganlah pada ban mobil terlebih dahulu. Apabila Anda sudah menjalankan seluruh tahapan di atas, maka kita akan mendapat velg yang pas guna kendaraan Anda. Hal beda yang dapat diacuhkan setelah itu ialah kualitas dari velg-velg yang dipasarkan di pasaran. kita perlu memeriksa kemulusan dan keutuhan tampilan, bekas bubutan, dan pastikan velg sudah melewati tahap balancing. Demikian pembahasan jenis velg apa yang cocok dengan mobil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *